https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

Puncak peringatan HKG PKK ke-51, TP-PKK Bitung gandeng PMI gelar donor darah

  • Bagikan
Giat donor darah dipantau langsung Ketua TP-PKK Bitung yang juga Ketua PMI Bitung, Rita Tangkudung.

Bitung, BERITASULUT.co.id – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bitung menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) mengelar bhakti sosial berupa donor darah.

Giat ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di depan ruang SH Sarundajang Hall Kantor Walikota Bitung, Jumat (28/4/2023), dipantau langsung Ketua TP-PKK Bitung yang juga Ketua PMI Bitung, Rita Tangkudung.

Bahkan ia sempat melakukan pemeriksaan tekanan darah kepada Bendahara PMI Kota Bitung dr Vivi Tumbel.

Menurut Rita, pelaksanaan donor darah dari data diikuti warga, para kepala perangkat daerah (KPD), sekretaris KPD, para kabag, asissten.

Personel Dishub, Satpol PP pemkot Bitung, kepala lingkungan, ketua-ketua RT, unsur TNI, komunitas dan lainnya.

Beberapa warga yang baru pertama kali mengaku sangat antusias untuk ikut serta. Meski ada di antara mereka gagal melakukan donor.

Dari laporan yang dirangkum, total yang mendaftar ada ratusan. Sementara yang lolos mendonor, ada 82 orang dan tidak lolos 63 orang.

Para pendonor dari beragam jenis golongan darah, yakni golongan Darah O berjumlah 48 orang, Darah A berjumlah 14 orang, Darah B berjumlah 15 orang, dan Darah AB berjumlah 6 orang.

Dari total 82 orang yang mendonor, didominasi laki-laki ada 47 orang dan perempuan 35 orang. 21 orang diantaranya donor baru.

Rita bersama pengurus berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan begitu antusias mengikuti kegiatan donor darah dari PMI Kota Bitung.

Kegiatan donor darah seperti ini masih akan terus dilaksanakan oleh PMI Kota Bitung melibatkan masyarakat, kelompok atau komunitas dan lainnya.

Rita berharap agar momentum peringatan HKG PKK bukan menjadi kegiatan rutin tahunan saja. Namun juga harus menimbulkan gelora, semangat, dan energi baru pada setiap gerakan PKK.

“Sebagaimana layaknya peringatan suatu ulang tahun, maka melalui momentum peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-51 Tahun 2023 ini, saya mengharapkan agar rangkaian peringatan semacam ini bukanlah semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja,” ujarnya.

Isteri Walikota Bitung Maurits Mantiri ini berharap, kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK ke-51 haruslah menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK.

Dengan mengusung Tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh” harapannya mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

(adv)

 

 

  • Bagikan