Wakil Walikota Hengky Honandar sambut kehadiran Satgas Operasi Trisila TNI AL di Pelabuhan Bitung

  • Bagikan

Bitung, BERITASULUT.co.id – TNI Angkatan Laut melalui Koarmada RI menggelar Operasi Trisila yang dilaksanakan oleh Koarmada I, II dan III.

Operasi Trisila dilaksanakan dalam rangka penegakan hukum dan keamanan wilayah perairan yurisdiksi Nasional Indonesia.

Tiga unsur yang tergabung dalam operasi Trisila Koarmada II tiba di dermaga Pelabuhan Samudera Bitung, Senin (15/5/2023).

Satuan Tugas (Satgas) Operasi Trisila ke-23 datang menggunakan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni KRI Untung Suropati-372, KRI Singa-651 dan KRI Albacora-867.

Kehadiran Satgas Operasi Trisila ke-23 disambut Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar.

“Kami berterimakasih bahkan apresiasi yang setinggi-tingginya, karena Operasi Trisila 2023 yang dilaksanakan oleh Koarmada RI bersama Korps Marinir singgah dan melaksanakan kegiatan di Kota Bitung,” ujarnya.

Dikatakannya, operasi tersebut juga sebagai upaya menunjukkan eksistensi Indonesia kepada dunia internasional dalam menjamin keamanan dan melindungi kepentingan di laut.

“Kami percaya kekuatan pertahanan maritim yang handal dan profesional, baik dari sisi sumber daya manusia maupun perlengkapan peralatan pertahanan keamanan yang memadai dan didukung oleh kemampuan industri pertahanan yang mandiri,” kata Hengky.

Ia mengatakan, profesionalitas SDM TNI AL menjadi kekuatan yang disegani di tingkat dunia.

Kekuatan tersebut telah didukung dengan kemampuan teknologi dan ketersediaan alat peralatan pertahanan keamanan untuk menjaga wilayah laut seperti kunjungan Satgas Operasi Trisila kali ini.

Hengky berharap, dengan pelaksanaan Satgas Operasi Trisila ke-23 tahun 2023 yang dilengkapi dengan berbagai kegiatan positifnya akan semakin memantapkan eksistensi Koarmada RI di seluruh penjuru Indonesia.

Adapun Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J Tangka SAP CHRMP mengatakan, Operasi Trisila ini adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP) oleh tiga Armada di bawah Koarmada RI yaitu Armada I, II dan III.

“Sasaran utamanya adalah bakti sosial berupa donor darah dan pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya.

Selain bakti sosial, juga dilaksanakan open ship bagi pelajar di Kota Bitung untuk naik ke atas tiga kapal perang Satgas Trisila dengan tujuan untuk membangkitkan semangat cinta bahari bagi para generasi muda.

Selain para pelajar, Danlantamal VIII selaku leading sector pelaksanaan operasi Trisila di Lantamal VIII juga mengundang para tamu dan undangan melakukan ship tour di KRI USP-372.

Pada kesempatan itu, Hengky bersama tamu undangan lainnya mengikuti ship tour ke KRI Untung Suropati, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umum terkait kapal perang.

Hadir juga dalam kegiatan ini antara lain Danyonmarhanlan VIII/Bitung Mayor Marinir Aditya Indarto, Wakapolres Bitung Kompol Andri Permana, dan sejumlah pejabat Pemkot Bitung.

(adv)

  • Bagikan