https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

Wakil Walikota Hengky Honandar jadi Irup Harkitnas 2023 Bitung: Semangat untuk bangkit!

  • Bagikan

Bitung, BERITASULUT.co.id – Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar mewakili Walikota Maurits Mantiri menjadi inspektur upacara (upacara) peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023, Senin (22/5/2023).

Upacara yang digelar di Lapangan Kantor Walikota Bitung ini, dihadiri pula oleh Sekda Kota Bitung Rudy Theno, Forkopimda, pejabat hingga pegawai Pemerintah Kota Bitung, dan pelajar.

Pada kesempatan itu, Hengky menyampaikan bahwa Harkitnas harius dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama.

Pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut.

“Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi COVID-19,” ujarnya.

Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

“Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Harkitnas ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi,” katanya.

Untuk itu, semua pemangku kepentingan baik pemerintah, swasta, akademisi, pers, komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu dan berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

“Hal ini sebagai mewujud kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik sekalipun,” ujarnya.

Dikatakannya, 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.

Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api, sebagaimana tema “Semangat Untuk Bangkit!”, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Harkitnas juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita,” kata Hengky.

Ia juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

“Selamat memaknai dan memperingati Harkitnas ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan ‘Semangat untuk Bangkit!’,” katanya.

Pada kesempatan ini pula, Pemkot Bitung menyerahkan dana pensiun dan piagam penghargaan dan surat keputusa (SK) purna tugas TMT 1 Juni 2023 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun.

(adv)

 

I
  • Bagikan