https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

Pemprov Sulut Prihatin 240 Siswa SD di Bolmong Diduga Keracunan Makanan, Ini Hasil Evaluasinya

  • Bagikan
Dugaan keracunan sekitar 240 siswa SD di Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong, Senin (23/10/2023) ini.

Manado, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengaku prihatin dan memberikan perhatian serius atas dugaan keracunan sekitar 240 siswa SD yang ada di Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong, Senin (23/10/2023) ini.

Pasalnya, karena program dari pemerintah pusat yang ditindaklanjuti pemerintah daerah ini, selain di Kabupaten Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) juga bersamaan dilakukan di empat kabupaten/kota lain di Sulut.

Kepala Dinas Pangan Daerah Sulut Dr Jemmy Lampus mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi bersama pihak terkait, apa yang menjadi penyebab dugaan keracunan ini.

“Karena program ini juga dengan bahan makanan yang sama juga berlangsung di empat kabupaten/kota yang lain di Sulut,” ujar Kadis Jemmy.

Ia memastikan kembali ini adalah program pemerintah pusat yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pangan yang diberikan kepada para siswa tersebut merupakan Program GENIUS atau Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Sehat Bergizi Untuk Siswa, dan ini program pusat yang disalurkan lewat pihak ketiga,” ungkapnya.

Program GENIUS itu sudah mulai dijalankan. Bahkan, hingga hari ini telah sembilan kali diberikan.

“Ada lima kabupaten/kota di Sulut yang mendapatkan program tersebut. Tiap daerah dapat tiga SD. Ini sudah kesembilan kali dari 20 kali rencana pemberian,” ungkap Kadis Jemmy.

  • Bagikan