Bawaslu Sulut Temukan Masih Ada Surat Suara Rusak dan Cacat

  • Bagikan
Bawaslu Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi Peningkatan Kabupaten/Kota se-Sulut dan Stakeholder pada Pengawasan Tahapan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024, di Hotel Aryaduta Manado.

Manado, BERITASULUT.co.id – Bawaslu Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi Peningkatan Kabupaten/Kota se-Sulut dan Stakeholder pada Pengawasan Tahapan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024, di Hotel Aryaduta Manado, Kamis s/d Sabtu, 8-10 Februari 2024.

Kegiatan ini dibuka Koordinator Divisi Sunber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Latihan Bawaslu Sulut Erwin Sumampouw SP MAP, Kamis (8/2/2024).

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini penting dilakukan karena terkait pengawasan pengadaan pendistribusian logistik Pemilu 2024.

“Kenapa kami perlu juga untuk melakukan kegiatan ini? Ternyata sampai kemarin saja kami masih melakukan pengawasan di pabrik di PT Macanan Jaya di Klaten terkait dengan pengadaan surat suara yang kurang, yang setelah sortir lipat ada yang ditemukan rusak dan cacat sehingga harus diadakan kembali terkait dengan surat suara,” ujarnya.

Dikatakannya, Bawaslu harus memastikan jajaran pengawas Pemilu 2024 harus memastikan logistik ini tepat prosedur, tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat sasaran, distribusi tetap juga tepat kualitas.

“Aretinya harus tepat prosedur dimulai dari tender oleh teman-teman KPU yang memang lewat impor casing oleh KPU Provinsi namun lewat pengadaannya lewat KPU Republik Indonesia, mulai dari proses tendarnya sampai dengan penunjukan pihak ketiga yang mengadakan surat suara atau logistik,” ungkap Erwin.

Lanjutnya, waktu lalu ada ada dua tahapan terkait dengan pengadaan logistik.

Tahap pertama yang diadakan adalah tinta kabel ties yang segel plastik, kotak bilik dan alat-alat yang lain. Dan untuk tahap kedua ini adalah yang terpenting dari logistik Pemilu itu sendiri yaitu surat suara, formulir, surat suara dari 5 pemilihan, formulir-formulir yang ada di TPS.

Baca Juga:  KPU Sulut Terima Kunker Anggota Komisi II DPR RI, Singgung Indeks Kerawanan Pemilu di Sulut Tinggi
  • Bagikan