https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

MTPJ GMIM 11-17 Februari 2024 : Naikkan Doa untuk Ketentraman Bangsa

  • Bagikan

PEMBAHASAN TEMATIS

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Surat 1 dan 2 Timotius serta Titus merupakan surat-surat penggembalaan dan sifatnya sangat pribadi (pasal 1:1, 2 Timotius 1:1, Titus 1:1).

Timotius adalah seorang muda yang lahir di Listra, ibunya seorang keturunan Yahudi yang bernama Eunike dan neneknya Lois, yang dikatakan Paulus sebagai perempuan-perempuan yang beriman.

Sedangkan ayahnya keturunan Yunani seorang penyembah berhala. Timotius bergabung dengan Paulus pada perjalanan kedua.

Untuk menghindari pandangan buruk orang Yahudi terhadap Timotius karena ayahnya seorang Yunani, maka Paulus menyuruh Timotius untuk menyunatkan diri dan fokus memberi perhatian pada pekabaran Injil serta merawat jemaat-jemaat perdana (Kisah para rasul 16:1-4).

Karena itu, Paulus menugaskan Timotius di Efesus (1 Timotius 1:3) dan Titus di Pulau Kreta (Titus 1:5).

Dalam surat 1 Timotius, Paulus menasihatkan dan memperingatkan semua orang percaya agar selalu waspada terhadap ajaran-ajaran sesat.

Sekaligus memberi petunjuk tentang pemilihan pemimpin jemaat dan ajaran tentang jabatan pelayanan serta tanggungjawab seorang pemimpin dalam jemaat.

Nampaknya dalam surat 1 Timotius ini Paulus betul-betul memberi peringatan kepada Timotius agar dengan sungguh-sungguh memperkuat imannya, teguh terhadap pokok-pokok iman dan ajaran yang diajarkan Paulus agar ia menjadi teladan di tengah kehidupan jemaat yang tengah menghadapi gelombang penyesatan (pasal 4:1-16).

  • Bagikan