https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

MTPJ GMIM 11-17 Februari 2024 : Naikkan Doa untuk Ketentraman Bangsa

  • Bagikan

Orang Kristen menjadi kambing hitam penyebab kekacauan dan pembakaran kota Roma pada tahun 67 oleh kaisar Nero.

Diperkirakan pada tahun itulah Rasul Petrus mati dengan cara disalib dan Rasu Paulus mati dipenggal kepalanya, semua terjadi di kota Roma.

Melanjutkan nasihatnya kepada Timotius, maka dalam ayat 5-7, Paulus memberikan tekanan pada salah satu pokok pengakuan iman Israel: “Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu Esa” (Ulangan 6:4).

Pengakuan iman ini juga menjadi dasar pengakuan iman kristen, terutama mengenai keesaan Tuhan Allah yang menunjuk pada keesaan dengan Yesus Kristus yang sudah berkorban menjadi tebusan dosa semua manusia.

Sebagai bukti solidaritas Tuhan Allah dengan manusia berdosa yang oleh-Nya Paulus ditetapkan sebagai rasul, pemberita dan pengajar bagi orang-orang bukan Yahudi.

Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa perikop ini merupakan nasihat sekaligus ajakan kepada Timotius dan jemaatnya untuk tetap berdoa dalam keyakinan, termasuk untuk raja-raja dan pembesar-pembesar supaya mereka dapat hidup tentram.

Akan tetapi kalau pun harus menghadapi penindasan dan penganiayaan, mereka akan tetap kuat dan iman mereka dalam Kristus akan selalu terpelihara.

  • Bagikan