https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

MTPJ GMIM 4-10 Juni 2023 : Lestarikan alam dan makhluk ciptaan demi masa depan

  • Bagikan

Bacaan Alkitab : Kejadian 8:1-22

ALASAN PEMILIHAN TEMA

HARI Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran untuk melestarikan alam.

Gerakan pelestarian lingkungan hidup baik dalam hal pemahaman maupun aksi nyata berlangsung terus menerus.

Namun pada saat yang sama kerusakan lingkungan dan bencana alam terjadi di mana-mana. Sepertinya paradoks!

Gereja-gereja global melalui World Council of Churches (WCC) memberi perhatian serius terhadap topik “Integrity of Creation” (Keutuhan Ciptaan).

Materi khotbah, pengajaran atau katekisasi gereja penting memberi perhatian pada hehidupan moral dan etik jemaat yang berpadanan dengan Injil Yesus Kristus secara rohani dan jasmani.

Artinya iman dan perbuatan nyata jemaat menghadirkan keadilan, perdamaian dan kelestarian lingkungan hidup harus berlangsung secara terintegritas.

Firman dalam Alkitab berbicara tentang kehidupan di mana Tuhan Allah mencipta dan memelihara alam ciptaan-Nya agar menjadi rumah yang “aman, nyaman dan lestari” bagi makhluk ciptaan-Nya.

Kepada manusia diberi amanat menjaga dan memelihara alam ciptaan-Nya. Untuk maksud itu, maka perenungan sepanjang minggu ini akan dituntun oleh tema “Lestarikan Alam dan Makhluk Ciptaan Demi Masa Depan”.

  • Bagikan