OD-SK Dampingi Wapres Ma’ruf Amin Kukuhkan KDEKS Sulut untuk Pengembangan Ekonomi Syariah

  • Bagikan
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw (OD-SK) mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sulut di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton Manado, Jl Piere Tendean, Kota Manado, Kamis (4/4/2024).

Manado, BERITASULUT.CO.ID – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw (OD-SK) mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sulut di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton Manado, Jl Piere Tendean, Kota Manado, Kamis (4/4/2024).

Wapres Ma’ruf Amin menyebutkan bahwa posisi strategis Sulut menjadikannya pintu gerbang ekspor di Kawasan Timur Indonesia menuju negara ASEAN dan Asia Pasifik, serta berpotensi memberikan kontribusi bagi kerja sama ekonomi kawasan.

Menurutnya, pengembangan Pelabuhan Bitung akan memperkuat jaringan transportasi laut internasional dan meningkatkan konektivitas, serta diharapkan memberi efek ganda bagi sektor industri dan pariwisata.

“Beragam potensi dan keunggulan tersebut mesti dikapitalisasi dan disinergikan dengan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, sehingga menjadi sumber pertumbuhan baru di wilayah hingga nasional,” ujar Wapres.

Sebagaimana diketahui, ungkap Wapres, beragam pengembangan ekonomi syariah telah dilakukan di wilayah Sulut, mulai dari sertifikasi halal bagi UMKM, penyediaan juru sembelih dan rumah potong hewan, hingga pengembangan Zona KHAS (Kuliner Halal, Aman dan Sehat), serta adanya rantai nilai halal berbasis pondok pesantren.

Selain itu, Sulut juga menjadi salah satu lokasi sebaran pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), dimana selama tahun 2013 hingga 2023, terdapat 86 proyek infrastruktur senilai 2,4 triliun yang bersumber dari SBSN.

“Kemajuan ekonomi dan keuangan syariah yang telah dicapai Provinsi Sulawesi Utara saya minta terus dilanjutkan, serta pastikan dampak dan kemanfaatannya secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat,” pintanya.

Baca Juga:  Posisi Sekdaprov Sulut kembali berpindah tangan, Praseno Hadi gantikan Gamy Kawatu
  • Bagikan