MTPJ GMIM 18-24 April 2021: Menderita karena kebenaran

  • Bagikan

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Berdasarkan tradisi dan anggapan umum dalam gereja bahwa penulis surat Petrus adalah rasul Petrus yang merupakan salah satu murid Tuhan Yesus sebagaimana tercatat dalam pembukaan surat (1 Petrus. 1:1).

Secara garis besar surat rasul Petrus yang pertama ini bertujuan untuk memberikan penguatan iman kepada jemaat Kristen bukan Yahudi yang tersebar di lima provinsi dari Kerajaan Romawi yaitu Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia (1:1).

Isi surat ini menggambarkan suatu persitiwa yang penuh tekanan dan penganiayaan yang dialami oleh orang Kristen karena iman dan pemberitaan Injil. Pada masa itu banyak orang Kristen mengalami siksaan bahkan nyawa menjadi taruhan. Tekanan dan serangan datang dari berbagai pihak, baik dari penguasa kekaisaran Romawi maupun dari kelompok masyarakat penyembah berhala yang merasa terusik dengan ajaran kekristenan.

Karena itulah pada bagian awal surat ini ditegaskan bahwa sebagai orang Kristen, mereka adalah orang pilihan Allah yang dikuduskan oleh Roh supaya taat kepada Yesus Kristus (1:2) karena oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati telah membawa pembaharuan atau kelahiran kembali bagi semua orang percaya kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, penuh kekudusan dan kekekalan.

Itulah sebabnya penulisan surat ini memiliki tujuan penting agar jemaat sadar dan siap sedia dalam mengalami tantangan dan menanggung derita oleh sebab iman kepada Kristus.

Baca Juga:  Beredar nominator Komisi P/KB Sinode GMIM 2022-2027, ini mereka
  • Bagikan