MTPJ GMIM 12-18 September 2021: Konsekuensi mengikut Yesus

  • Bagikan

Penangkapan Yohanes pembaptis membuat Yesus menyingkir ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi sebuah danau di daerah Zebulon dan Naftali (Matius 4:12-13).

Tentu penyingkiran ini bukan karena Yesus mau melarikan diri atau cari aman dan nyaman, namun ini terjadi sebagai bentuk pemenuhan nubuatan oleh nabi Yesaya (Matius 4:14-16).

Perjalanan dan penyingkiran ke Galilea akhirnya menjadi perjalanan membawa terang yang tidak lain adalah diri-Nya sendiri, sang Terang dunia di tengah kegelapan.

Peristiwa penyingkiran ke Galiliea ada tujuannya yaitu agar Zebulon dan Naftali mendapatkan terang, ini jadi penekanan penulis kitab Matius agar jemaat dapat memperluas cakrawala misioner mereka untuk memasukkan diri ke daerah yang di anggap kafir.

Kehadiran Yesus di Galilea memberikan dampak perubahan bagi orang-orang di sana. Ada orang-orang yang bersedia jadi pengikut-Nya. Saat Dia sedang berjalan menyusur danau Galilea terjadilah pertemuan dan pemanggilan Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes (Matius 4:18,21).

Baca Juga:  MTPJ GMIM 17-23 November 2019: Tuhan itu baik pada umat-Nya, tetapi menghukum lawan-Nya
  • Bagikan