Renungan awal Tahun 2022: Perdamaian mulai dari diri sendiri

  • Bagikan

Bacaan Alkitab: Kejadian 32:1-21

Shalom….

Terpujilah Tuhan Allah yang oleh anugerah-Nya telah memperkenankan kita memasuki tahun baru sebagai tahun rahmat Tuhan bagi orang yang mempercayakan hidupnya kepada Tuhan.

Hari ini juga bertepatan dengan perayaan hari perdamaian dunia. Sehubungan dengan hal itu tema khotbah adalah “peace starts with me” (Perdamaian dimulai dari diri sendiri).

Tema ini digaungkan untuk menggugah nurani setiap umat manusia agar menyatu bersama membangun perdamaian dunia. Dunia yang bebas peperangan, permusuhan dan kebencian.

Dunia seperti ini digambarkan kitab Kejadian seperti Taman Eden, dimana ada: Hidup harmoni dengan Pencipta, dan sesama ciptaan yaitu seluruh mahkluk di muka bumi ini.

Tentu tidak mudah membangun dunia damai di tengah kebisingan, egoisme manusia yang mencari dan meraup kenikmatan yang berpusat pada diri sendiri.

Seorang ibu pernah menjumpai Bunda Theresa, sosok fenomenal peraih Nobel yang mendedikasikan dirinya dalam pelayanan kepada orang-orang miskin. Ibu ini, berkeinginan untuk mengambil bagian di dalam perdamaian dunia.

Kata Bunda Theresa, pulanglah ke rumahmu. Artinya perdamaian dunia tidak dimulai dari orang lain melainkan mulai dari keluarga sendiri, diri sendiri.

Baca Juga:  Hari ini pemilihan BPMS GMIM 2022-2027 dilakukan secara e-voting, berikut nominatornya
  • Bagikan