MTPJ GMIM 9-15 Januari 2022: Hormatilah pelayan Tuhan

  • Bagikan

Paulus menekankan pentingnya menghormati para penatua yang berjerih payah berkhotbah dan mengajar. Menghormatinya dua kali lipat.

Pengertian dua kali lipat adalah mencukupkan kebutuhan mereka secara berkelimpahan dan mendukung dalam pelayanan terutama bagi mereka yang benar-benar layak untuk itu, yaitu mereka yang diangkat menjadi pemimpin jemaat.

Jangan memberangus mulut lembu yang sedang mengirik, artinya jangan menghalangi mereka yang sedang bekerja bagi pekerjaan pelayanan, ini adalah penegasan untuk mengukuhkan atau menguatkan prinsip moral bagi mereka yang sedang bekerja keras sebagai pelayan Tuhan.

Jangan secara mudah menerima tuduhan kepada pelayan-pelayan itu tanpa saksi, sebab prinsip seorang pelayan adalah menegor jika ada yang berbuat dosa. Dalam Tuhan Paulus juga menasihati untuk tidak berprasangka dan tetap tidak memihak.

Dengan demikian Timotius hanya dapat melayani Allah dan jemaat dengan baik, apabila ia menjaga dirinya murni dan menolak seseorang yang tidak layak ikut serta dalam kepemimpinan.

Menjaga kemurnian melayani adalah prinsip seorang pelayan, Timotius diminta menjaga dirinya murni melayani. Dalam kemurnian ini Timotius diharapkan memiliki kematangan untuk tidak secara terburu-buru menumpangkan tangan artinya memberika doa berkat bagi yang berdosa.

Tanda awas yang diberikan Paulus pada Timotius, supaya ia tetap dapat menjaga kewibawaan sebagai pelayan. Paulus memperhatikan kesehatan temannya Timotius agar tubuhnya tidak lemah tapi kuat menghadapi luasnya pelayanan.

Baca Juga:  James to James! James Sumendap jabat Panglima Panji Yosua PKB GMIM
  • Bagikan