MTPJ GMIM 3-9 Maret 2024 : Sesungguhnya Seorang di Antara Kamu Akan Menyerahkan Aku

  • Bagikan

Pembacaan Alkitab : Yohanes 13:21-30

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Dalam hubungan pribadi, persekutuan, sosial dan politik, pengkhianatan adalah tindakan yang sangat merugikan, menyakitkan dan dianggap tidak bermoral.

Pengkhianatan merusak kepercayaan dan kesetiaan yang seharusnya menjadi dasar dari setiap hubungan yang sehat dan kokoh.

Karena ketika pengkhianatan itu terjadi maka pasti menimbulkan luka batin dan sulit baginya untuk mendapatkan kepercayaan lagi di masa depan.

Pelaku pengkhianatan biasanya adalah orang-orang kepercayaan, orang-orang terdekat, bahkan orang-orang yang seharusnya berjuang bersama demi mencapai tujuan.

Dalam lingkungan masyarakat, kita sering menjumpai tindakan “menyerahkan” atau “menjual” teman sendiri dengan fitnah, ujaran kebencian dan sebagainya demi mencapai keberhasilan, kesuksesan, dan ketenaran.

Kenyataan itu juga sering terjadi di lingkungan pelayanan gereja. Gereja seharusnya selalu menjadi persekutuan yang mengedepankan kasih, antara lain kejujuran, ketulusan dalam kehidupan yang saling membantu dan saling melayani.

Namun tidak jarang dijumpai anggota jemaat hidup tidak setia kawan bahkan secara sadar dan terang-terangan menjual kekurangan sesama anggota jemaat dan sesama pelayan khusus, karena iri hati, kecewa ataupun untuk keuntungan pribadi.

Tanpa sadar, seperti peribahasa mengatakan bagaikan melubangi perahu sendiri yang kemudian justru membawanya turut tenggelam.

Sehubungan dengan tindakan tidak serta kawan dan berkhianat maka di sepanjang Minggu Sengsara III ini diangkatlah tema dari ucapan Yesus “Seorang di Antara Kamu Akan Menyerahkan Aku”.

Baca Juga:  MTPJ GMIM 22-28 Maret 2020, Minggu Sengsara IV: Dibiarkan Bergumul Sendiri
  • Bagikan