MTPJ GMIM 6-12 November 2022 : Firman Tuhan, pedoman kehidupan

  • Bagikan

PEMBAHASAN TEMATIS

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Dalam perjalanan bangsa Israel menuju ke tanah perjanjian (Kanaan), setelah dilepaskan dari perbudakan di tanah Mesir, Tuhan Allah menurunkan hukum dan peraturan yang mengatur setiap tindakan dan perbuatan bangsa ini.

Segala sesuatu diatur dalam hal bagaimana mereka melakukan praktik penyembahan kepada Tuhan Allah dan bagaimana berinteraksi dengan sesama manusia.

Secara khusus Keluaran 20:1-17 menyaksikan peristiwa bagaimana Hukum Tuhan diturunkan.

Ayat 1-11, mengatur relasi bangsa Israel dengan Tuhan Allah. Dalam bagian ini, secara jelas diatur kewajiban manusia kepada Tuhan Allah.

Ayat 2, hendak menegaskan bahwa semua hukum yang disampaikan adalah benar-benar berasal dari Tuhan Allah yang telah memperlihatkan kekuatan dan kekuasaan-Nya dengan membawa mereka keluar dari tempat perbudakan di tanah Mesir.

Hukum yang pertama (Ayat 3) adalah dasar tuntutan untuk loyal hanya kepada Tuhan.

Seluruh kehidupan dan kelakuan mereka harus berpusat hanya kepada Tuhan. Segala bentuk Ibadah dan penyembahan hanya diarahkan pada Tuhan dan dilarang untuk beribadah kepada allah yang lain.

Hukum yang kedua (Ayat 4) “jangan membuat bagimu patung”.

Firman ini dengan jelas melarang dalam hal beribadah kepada Tuhan, dengan cara dan bentuk yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Baca Juga:  GSVL pimpin ibadah HUT 119 GMIM Eben Haezer Ranomerut
  • Bagikan